Senin, 28 Oktober 2019

Ini Ocehan Pilot Citilink yang Diduga Mabuk_

Harta Calon Anggota DPD Papua Rp 20 T, Taklukkan Dua Orang Kaya RI

, Jakarta - Komisi Pembasmian Korupsi barusan meluncurkan daftar kekayaan calon anggota Dewan Perwakilan Wilayah (DPD) dari semua propinsi di Indonesia. Satu orang calon anggota DPD asal Papua, Wilhelmus Rollo, membuat publik terhenyak karena laporan harta kekayaannya yang sampai Rp20 triliun.

Data kekayaan calon DPD itu datang dari daftar Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LHKPN). Dengan jumlahnya harta yang bila diubah ke dolar AS itu sampai US$1,3 miliar itu seharusnya membuat Wilhelmus Rollo masuk dalam daftar barisan orang paling kaya Indonesia.

Merujuk pada daftar miliarder yang dikeluarkan Forbes tahun ini, Wilhelmus bisa di rangking 15, menyamakan kekayaan Djoko Susanto. Serta calon anggota DPD itu lebih kaya dari Hary Tanoesoedibjo (US$1,1 miliar) serta Sukanto Tanoto (US$1,1 miliar).

Kekayaan Wilhelmus yang lebih dari Rp20 triliun itu memiliki jarak benar-benar jauh dari kompetitor terdekatnya. Serta, politikus populer Oesman Sapta Odang cuma tempati tempat tiga dengan keseluruhan kekayaan Rp 449,49 miliar.

Di belakang Wilhelmus Rollo ada nama Muhammad Aunul Hadi Idham Chalid dari Kalimantan Selatan dengan keseluruhan kekayaan Rp 474,23 miliar, diikuti OSO. Seterusnya M. Alzier Dianis Thabranie (Rp97,97 miliar), Ramoy Markus Luntungan (Rp89,92 miliar), Edi K. P. Sambuaga (Rp83,98 miliar), Yorrys Raweyai (Rp74,78 miliar), Ida Jaya (Rp72,48 miliar), Asmawati (Rp66,30 miliar) serta Hilda Manafe (Rp57,47 miliar).

Berkaitan dengan harta kekayaan punya Wilhelmus Rollo, Direktur Pendaftaran serta Kontrol LHKPN KPK, Cahya Hardianto Harefa menjelaskan KPK akan memastikan langkah seterusnya untuk memahami harta kekayaan itu, tidak kecuali dengan pekerjaan kontrol.

“Namun, untuk yang lebih jauhnya , kelak sesudah dipilih akan kita tetapkan selanjutnya untuk proses yang lebih jauh kembali atau pendalaman dari hal itu, terhitung pekerjaan kontrol,” katanya di KPK, Jumat, 3 Agustus 2018.

Mengenai, dalam laporan LHKPN KPK, pemilik harta dengan nilai paling rendah dipunyai oleh akan calon dari Jambi, yaitu Azim Antoni Norega Jais dengan keseluruhan kekayaan Rp1,5 juta. Daftar nama akan calon anggota legislatif DPD yang sudah melapor LHKPN ke KPK bisa disaksikan di situs www.kpk.go.id/id/pantau-pilkada-dpd.

LHKPN adalah salah satunya ketentuan harus dari KPU untuk beberapa calon anggota DPD. KPK sudah buka loket spesial pendaftaran LHKPN dari mulai 4 sampai 19 Juli 2018.

BISNIS

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar